Berikut beberapa Pemimpin dengan Kegilaannya mampu merubah Dunia:

  1. Plato adalah filusuf gila pada zamannya. Tapi kegilaannya menjadi ‘ruh’ filsafat yang senantiasa mewarnai pemikiran dan logika manusia hingga kini.
  2. Socrates gila ketika menganggap dunia material seperti yang tampak terlihat oleh mata  kita bukanlah dunia nyata, tetapi hanya foto atau salinan dunia nyata.
  3. Galileo Galilei menghabiskan  sisa usianya sebagai tahanan rumah ketika ‘dikutuk’ membawa logika sesat dan bid’ah dengan ide-ide heliosentris.
  4. Kegilaan Galileo yang justru mendapat pujian dari Newton dan Einstein, penerus generasi gila di abad sains modern.
  5. Napoleon Bonaparte dengan kegilaannya menganggap bahwa “sejarah adalah serangkaian kebohongan yang disepakati.”
  6. Thomas Jefferson menafsir demokrasi sebagai vox populi, vox dei, suara rakyat, suara Tuhan. Demokrasi adalah ‘ruh absolut negara,’ agama publik,  bonum commune-bonum publicum.
  7.  “Serang teroris sebelum mereka menyerang Amerika!” atas nama keamanan dan HAM, itulah logika gila Obama.
  8. “Hancurkan antek zionis Amerika sebelum mereka menghancurkan Islam dengan cara gerilya!” atas nama perjuangan menegakkan kebenaran, itulah logika gila Osama.
  9. Adolf Hitler, Napoleon Bonaparte, Bennedict Mussolini dengan kegilaan ultranasionalisme mengantarkan Jerman, Perancis dan Italia membawa negara itu selalu digdaya.
  10. Kaisar Meiji dan para pemuda gila pembaharuan dengan kegilaan spirit bushidodan samurai, sukses merestorasi politik dan sosial-budaya dalam Restorasi Meiji. Kegilaan sebuah bangsa yang akhirnya membawa negeri Sakura maju pesat dalam ekonomi dan teknologi.
  11. Bahkan dunia berutang jasa pada para pemimpin gila. Ernesto ‘Che’ Guevara, Fidel Castro, Nelson Mandela, Mahatma Gandhi dan Bung Karno adalah para pemimpin gila yang tercatat dalam sejarah dunia. Dengan kegilaan mereka mengobarkan api revolusi melawan “imperialisme-kolonialisme-kapitalisme” barat serta spirit cinta kasih dan kerakyatan sebagai ruh perjuangan. Spirit kegilaan itu menjadi inspirasi bangsa-bangsa di dunia untuk berani bertarung nasib dalam lemparan koin logika, perjuangan melawan penindasan dan ketidakadilan.
  12. Joko Widodo dengan kegilaannya telah menghipnotis Masyarakat DKI Jakarta bahkan Masyarakat Indonesia. Dengan “berblusuk-blusuk-ria,” bersentuhan kulit tanpa sarung tangan dengan warga jelata di tempat-tempat kumuh dan gang-gang sempit, hingga masuk gorong-gorong, bukan hal aneh bagi Jokowi. Bahkan ketika DPRD dan mantan gubernur DKI Sutiyoso sempat mengkritik “cara aneh” kepemimpinannya, Jokowi tak menggubrisnya. Baginya blusukan adalah cara terbaik memimpin.
  13. Siapa Pemimpin Gila selanjutnya..?#Sukses Pemimpin

    Sumber : ahmad mahaputra sangadji