Raimuna Cabang BJN ke-9 2013

IMG_0191             Raimuna berasal dari kata papua yan terdiri dari dua suku kata yaitu Rai dan muna, rai itu yang artinya pertemaun dan muna Pimpinan/pemimpin. Maka Raimuna itu di artikan sebagai pertemuan para pemimpin, jika di pramuka di artikan sebagai pestanya pramuka penegak dan pandega.
Tahun 2013 bertepatan dengan Hari Jadi Kab. Bojonegoro, HUT Pramuka ke 52 dan Lauching pendidikan karakter melalui Extra Pramuka Wajib di Kab. Bojonegoro, maka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Bojonegoro c.q Dewan Kerja Cabang Bojonegoro mengadakan Raimuna Cabang ke-9 tahun 2013, kegiatan tersebut di laksanakan pada tanggal 16 – 20 Oktober 2013 di buka oleh Ka. Mabicab (Bupati Bojonegoro) bertempat KRPH Pradok dan KRPH Clebung Desa Bubulan Kec. Bubulan Kab. Bojonegoro.
IMG_0194Dalam kegiatan tersebut sangga kerja mengundang seluruh untuk Kepala Sekolah dan Madrasah atau Ka. Mabigus se-Kab. Bojonegoro, dengan jumlah peserta putri 838 orang, putra 777 orang, pInkon/Bindamping 135 orang jadi jumlah Peserta dan pinkon adalah 1.750 orang, Kepala Sekolah, andalan cabang dan sangga kerja berjumlah 125 orang dengan rincian Ka. Mabigus 70 orang, andalan Cabang 15 orang dan sangga kerja 40 orang.
Pada saat selesai upacara pembukaan para Ka. Mabigus mendapatkan pembinaan langsung dari Ka. Mabicab (Kang YOTO) selaku pembina upacara berpesan bahwa Pramuka Bojonegoro di wajibkan untuk pendidikan karakter melalui Gerakan Pramuka serta setiap sekolah/lembaga pendidikan Formal wajib mengadakan kegiatan Kepramukaan. Di Undang-undang nomor 12 tahun 2010 sudah di tetapkan bahwa Gerakan Pramuka Wajib, tapi kenyataanya lembaga pendidikan formal di Desa-desa malah tidak diadakan maka dari itu Ka. Mabicab berpesan kepada seluruh Ka. Mabigus (SD/MI, SMP, MTs, SMA/MA/SMK) maka menyatakan dengan keluarnya surat dari bupati maka wajib dilaksanakan di pendidikan formal tersebut.
IMG_0234Kak Prianto Selaku Ketua Sangga Kerja sangat puas dengan kegiatan tersebut, 95 % kegiatan terlaksana dengan baik. Hampir semua jadwal atau rotasi kegiatan terlaksana dengan baik mulai dari Upacara pembukaan sampai upacara penutupan terlaksana semua dan aja juga kegiatan untuk pembina (Forum Pembina). Pada waktu kegiatan berlangsung peserta sangat antusias untuk mengikutinya kegiatan-kegiatan yang telah di atur Oleh sangga kerja serta peserta dalam berkekgiatan selalu Riang Gembira biarpun suasana di Bumi Perkamahan sangat panas. (Sekretaris DKC Bjn)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s